Selasa, 11 Desember 2012

Seputar Tentang Novel


Sinopsis Novel Miss Cupid

Oleh Mia Arsjad

Kategori : TeenLit

Penulis Berbakat Lomba Novel TeenLit Writer 2005


Siapa yang nggak kenal Tinka, mak comblang tenar seantero sekolah. Dengan kecanggihannya yang selalu sukses menjodohkan siapa pun yang meminta jasanya, Tinka pun tersohor sebagai Miss Cupid dan selalu siap menerima klien.


Siapa sangka order tiba-tiba sepi gara-gara Rocky. Anak baru yang pendiam dan berkacamata, tiba-tiba berubah drastis setelah ditunjuk jadi kapten sepakbola. Dari Clark Kent yang canggung dan berkacamata, jadi Superman yang kuat dan keren abis! Orderan pun datang bertubi-tubi, semua pengin dicomblangin dengan Rocky.


Yang lebih ajaib lagi, setelah Tinka menolak semua orderan itu dengan alasan keadilan sosial bagi seluruh pelanggan dan profesionalisme kemakcomblangan, tiba-tiba Maya, sobatnya yang supercantik, ikut-ikutan minta tolong dicomblangin sama Rocky! Sepanjang sejarah, Maya nggak pernah butuh jasa siapa pun juga buat cari pacar. Tapi buat Rocky?


Dengan alasan persahabatan, Tinka pun menerima job dari Maya. Padahal, ada rasa suka yang sudah lama tumbuh di hati Tinka, bahkan sebelum Rocky berubah jadi Superman.





Sinopsis Novel Imajinatta

Oleh Mia Arsjad

Natta sukaaa dan gampaaang banget ngelamun alias berimajinasi. Dan hobinya itu jelas berguna. Gimana nggak, sementara di alam nyata Natta belum kenal secara resmi sama Ditto, kecengannya sepanjang masa, di alam khayalan dia dan Ditto malah udah selengket lem Super Glue. Dan itu jelas jadi pemicu semangat Natta buat mewujudkan mimpi jadi nyata. Pokoknya nggak peduli aral melintang deh... kalo cuma si genit (cantik dan kaya) Sasa mah keciiiiil.


Dengan bantuan Kenzi---yang kayaknya sengaja dikirim Tuhan khusus buat membantu Natta---Natta pun mulai menjalankan misi untuk mendapatkan Ditto. Tapi saking misteriusnya Kenzi, sobat-sobat Natta jadi mikir jangan-jangan Kenzi cuma teman khayalan Natta. Dan Kenzi... jangan salah paham ya, Natta sendiri kadang suka ragu, kamu beneran ada apa nggak sih?!

 

 

 

Sinopsis Novel Cinlok. Accidentally In Love?!

Oleh Mia Arsjad

Lomba Novel Metropop Juara III 2006


Shani kesal setengah mati. Kenapa sih, semua ini datangnya sekarang?! Waktu dia sudah punya tunangan, sedang sibuk-sibuknya merencanakan pesta perkawinan, lalu tiba-tiba tawaran pekerjaan yang jadi cita-citanya sejak kecil datang.

Demi menjadi reporter, Shani nekat berangkat ke Jakarta, walaupun dicemberutin Rey, tunangannya. Mereka juga terpaksa berjauhan. Tapi itu belum seberapa. Shani tak pernah menyangka, hidupnya bakal rumit ketika dia terlibat cinta lokasi dengan Eri, sang kameramen!

Sekarang Shani tahu, kenapa artis-artis begitu kelabakan gara-gara cinta yang satu ini. It`s complicated!!!






Sinopsis Novel Satria November

Oleh Mia Arsjad

Kategori : TeenLit, Teens

 

Cuma mo pengakuan aja.

Sebenernya tiket itu gue beli buat gue nonton berdua sama lo.
Tapi dipikir-pikir, kayaknya lo bakalan lebih seneng kalo nontonnya sama Gian.
Sebagai cowok yang berjiwa besar, bertanggung jawab, dan heroik
kayak gue, ya gue ikhlasin deh.
Kalo habis ini Gian masih maju-mundur gak nembak-nembak, bilang sama gue.

Biar gue aja yang nembak lo. Soalnya... sebenernya gue juga nggak keberatan kok punya cewek bawel, judes, galak, suka demo, dan hobi jerit-jerit kayak lo. :
Sekali lagi, maafin gue ya, Mi, selama ini udah bikin lo susah. :

PS: Awaaasss... jangan macem-macem sama Gian di dalem bioskop yaaa....


---INOV---


Idih! Mima mendelik kesel. Ihhh! Siapa juga yang mo punya pacar robot korslet?! Mima mendekap surat dari Inov sambil senyam-senyum sendiri.


Inov. Semua kenangan, ketengilan, dan rahasianya yang bikin repot dan nyaris membahayakan mereka itu, nggak mungkin bakal Mima lupain seumur hidup.


Rahasia Inov bikin Mima sadar bahwa nggak semua rahasia seharusnya disembunyiin.


    

 

 

Sinopsis Novel Ratu Preman


Penulis:

Primadona Angela & Alexandra Xu

Kategori:

Novel Dan Cerita


Aurora Estella tidak pernah menyangka kehidupan cintanya sebegitu parahnya. Yang naksir dia, kalau bukan pemalak, ya pecundang bernama Darwin. Auro lega banget saat dua cowok keren, Edward dan Justin, memasuki kehidupannya. Tapi ternyata mereka adalah raja preman di sekolah masing-masing. Lalu Auro apa dong, semacam ratu preman? Membayangkannya saja Auro jadi pusing. Masih terkaget-kaget dengan perkembangan yang tak terduga, Auro terseret dalam konspirasi membekuk gembong narkoba. Dalam rencana yang membingungkan, Auro diminta jadian dengan Troy, preman di sekolahnya. Harusnya mudah karena jelas-jelas Troy mengejar-ngejar Auro ... tapi kenyataan berbicara lain. Ketika berada dalam cengkeraman musuh, akhirnya Auro sadar siapa sebenarnya yang dia sayangi. Apakah semuanya sudah terlambat? Dapatkah Auro meloloskan diri dan menggapai cintanya?




Sinopsis Novel New Age


Oleh : Andryan Suhardi





Olin dan Jose berasal dari latar belakang yang jauh berbeda. Olin anak pedagang sayur keliling, punya hobi nepok nyamuk yang sering mampir ke rumahnya, pencinta warna merah, punya cowok cakep dan kaya...

Jose anak pengusaha peti mati, doyan main engklek, suka manjat pohon, cool banget hingga gak ada cowok yang berani deketin...

Tapi kedua cewek ini sama-sama bercita-cita menghentikan dominasi dua pemain bulu tangkis tunggal putri pemegang peringkat teratas dunia---Lie Ling dari Cina dan Bae Soong Ra dari Korea.

Sanggupkah mereka?


Semoga dengan terbitnya novel ini, masyarakat---terutama generasi muda---termotivasi untuk lebih mengenal bulutangkis.

Susy Susanti


Sisi kehidupan atlet dan pelatih bulu tangkis---khususnya Pelatnas---yang tidak pernah dibayangkan orang terungkap dalam novel ini. Hendrawan




Sinopsis Novel D'ANGEL


 Pengarang: Luna Torashyngu


 Memangnya ada cewek yang sempurna? Aturannya kan kalau pintar dalam pelajaran, orang itu bakal bodoh dalam olahraga. Kalau orangnya cantik, tidak mungkin dia jagoan di sekolah. Tapi Fika membuat semua aturan itu jadi basi. Dia cantik, pintar, sekaligus jagoan olahraga. Plus, beruntung pula dalam cinta! Kayaknya nggak mungkin deh ada cewek sesempurna dia.

Tapi keberuntungan dan kesempurnaannya rupanya tidak berlaku lama. Saat jalan-jalan di mal untuk merayakan jadian pacaran dengan Reza, ada yang menculik Fika! Bukan hanya itu, peristiwa penculikan yang heboh itu juga makan korban jiwa!

Fika terpaksa menurut ikut lari dengan Andika yang menolongnya. Andika kemudian menjelaskan, Fika bisa begitu sempurna serta akan diculik orang karena sebenarnya cewek itu bukan manusia. Fika adalah Genoid, manusia rekayasa yang serbasempurna. Apa-apaan sih? Kayaknya Fika bakal lebih percaya kalau Andika bilang diam-diam Fika punya kakek kaya yang memberi warisan miliaran rupiah deh!

 

 

Sinopsis Novel Jurnal Jo

Oleh: 

Peraturan jadi remaja :
1. Tidak boleh memakai celana pendek (apalagi di depan cowok).
2. Punya baju dan aksesoris oke (apalagi yang bisa membedakanmu dari anak-anak SMP yang seragamnya sama membosankannya).
3. Harus memakai deodoran (walau geli rasanya).
4. Memakai pakaian dalam yang seharusnya, sesuai pertumbuhanmu (tahu kan maksudku?).
5. Harus punya geng yang keren (meski mereka sangat menjengkelkan, tahan saja, daripada dianggap kuper).
6. Harus punya pacar (ini syarat supaya kamu diakui sebagai remaja keren).

Ternyata susah bangeet jadi anak remaja, sampai-sampai kadang-kadang, aku (Jo Wilisgiri, 12 tahun) berharap aku ga perlu tumbuh. Aku kangen banget pada masa SD-ku. Apalagi aku mulai kehilangan sahabat baikku dan dikhianati cowok yang ku kagumi. Satu kata untuk masa SMP-ku: MENGERIKAN!

------------------------------------------------------------------------------

Macam-macam novel diatas tadi adalah sebagian besar Novel yang guwe sukai, nah tentunya setelah membaca beberapa novel tersebut kita penasaran dengan biodata si pengarang kan? Hmm,, pengarang novel yang paling guwe suka yaitu Kak Mia, kalo kalian mau tau infonya juga, berikut ini Biografi tentang ka Mia ^^ cekidoootttttttttt!!!!!!! :D

Biografi Mia Arsjad

Mia Arsjad memulai kariernya sebagai penulis novel setelah naskahnya, Mak Comblang membawanya menjadi salah satu penulis berbakat "Lomba TeenLit Writer GPU" tahun 2004. Naskah tersebut kemudian diterbitkan tahun 2005 dengan judul baru, Miss Cupid.


Tahun 2005 Mia mencoba mengikuti Lomba Penulisan Novel Metropop GPU, dan berhasil menjadi juara ketiga dengan naskahnya yang berjudul
Cinlok, Accidentally In Love?


Setelah itu Mia bolak-balik antara menulis novel TeenLit dan Metropop.


Tahun ini, Mia menerbitkan secara serentak dua novelnya,
Satria November (Novel TeenLit ke-5) dan Dil3ma (Novel Metropop ke-3).


Kekhasan Mia dalam novel-novelnya adalah bahasanya yang lincah, dengan karakter dan alur cerita yang kuat.


Meskipun
Satria November bertutur tentang masalah remaja mantan pecandu narkoba yang berusaha keras menyembuhkan ketergantungannya, Mia tidak membiarkan tokoh-tokohnya menjadi terlalu serius. Sering kali, pada beberapa adegan yang cenderung "serius", Mia akan menurunkan kadar keseriusan itu dengan menyelipkan 1-2 kalimat yang akan membuat pembaca tertawa dan kembali rileks mengikuti jalannya cerita.


Dalam
Dil3ma, novel Metropop-nya yang ketiga ini, Mia mengangkat kehidupan tiga sahabat dalam setting kehidupan metropolitan yang terjebak dalam jalinan cinta yang "keliru". Jalinan yang mereka pikir bisa membuat mereka bahagia dan utuh, padahal yang terjadi malah sebaliknya. Kedewasaan Mia dalam menggarap novel-novel Metropopnya sangat terasa ketika Mia menggambarkan dengan gamblang bahwa setiap pilihan mengandung konsekuensi, konsekuensi yang, sepahit apa pun, harus diterima dan dihadapi dengan dewasa. Namun topik "berat" ini pun tidak dibahas dengan terlalu serius dan menghilangkan unsur kocak Mia Arsjad.


Novel-novel Mia Arsjad hampir selalu mengalami cetak ulang.

Dengan diterbitkannya kedua novel Mia ini secara serentak, diharapkan bisa meningkatkan animo masyarakat pencinta buku untuk membuktikan sendiri kepiawaian Mia meramu cerita TeenLit maupun Metropop.


2 komentar: